TUGAS
KELOMPOK
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Disusun
untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pendidikan Matematika
Dosen
Pengampu: Andri Anugrahana, S.Pd.,M.Pd.
Disusun
oleh:
1.
Adelia Surya Putri 131134084
2.
Anggraini Eka Puji
Astuti 131134198
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN
ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
SANATA DHARMA
YOGYAKARTA
2014
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Kelas :
1
Semester :
II (Dua)
Tema / Topik : Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri/Lingkungan
Bersih dan Sehat
Minggu ke : 3
Alokasi Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelasdan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
No
|
Mata
Pelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.
|
Bahasa
Indonesia
|
1.1 Menerima anugerah Tuhan YME berupa bahasa Indonesia yang
dikenal sebagai bahasa perantara dan sarana belajar di tengah keragaman
bahasa daerah.
|
1.1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang
Maha Esa dengan berbahasa Indonesia yang
baik dan benar.
|
|
|
2.5
Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di
lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
|
2.5.1 Menunjukkan
perilaku santun dalam berkomunikasi di lingkungan rumah maupun sekolah.
|
|
|
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota
tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam
dengan batuan guru atau teman dalam bahasa lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
|
3.1.1 Mengidentifikasi
huruf-huruf penyusun kata.
3.1.2 Menjelaskan
arti kata yang telah dipelajari.
|
|
|
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif
tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa
siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang
dapat diisi kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
|
4.1.1
Menyusun huruf
menjadi kata yang bermakna.
4.1.2
Mengucapkan kata yang
telah dibentuk.
|
2.
|
Matematika
|
1.1 Menerima dan
menja lankan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1.1
Bersyukur dan menyadari akan nikmat yang telah diberikan Tuhan YME berupa
berbagai macam bentuk bangun datar.
|
|
|
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan
teliti, tertib dan mengikuti aturan,
peduli, disiplin waktu, serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
|
2.1.1
Menujukkan sikap cermat dan teliti dalam mengerjakan tugas.
|
|
|
3.8 Mengenal panjang, luas, waktu, dan suhu.
|
3.8.1
Menyebutkan berbagai macam bangun datar yang ada di lingkungan sekitar.
3.8.2
Mengidentifikasi luas suatu area.
|
|
|
4.5 Membentuk berbagai bangun datar dengan
menggunakan papan berpaku atau media lainnya.
|
4.5.1 Membentuk
berbagai bangun datar dengan menggunakan papan berpaku
4.5.2 Menggambar
bangun datar pada lembar kerja siswa.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran:
1.
Bahasa
Indonesia
1.1.1.1
Siswa mampu bersyukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan berbahasa Indonesia yang baik dan benar.
2.5.1.1 Siswa
mampu menunjukkan perilaku santun dalam berkomunikasi di lingkungan rumah
maupun sekolah.
3.1.1.1
Siswa mampu mengidentifikasi
huruf-huruf penyusun kata melalui sebuah permainan dengan tepat.
3.1.1.2
Siswa mampu menjelaskan
arti kata yang telah dibentuk melalui sebuah permainan dengan tepat dan benar.
4.1.1.1
Siswa mampu menyusun
huruf menjadi kata yang bermakna melalui sebuah permainan dengan benar
4.1.2.1
Siswa mampu mengucapkan
kata yang telah dibentuk melalui permainan dengan benar dan jelas.
2.
Matematika
1.1.1.1
Siswa mampu bersyukur dan
menyadari akan nikmat yang telah diberikan Tuhan YME berupa berbagai macam
bentuk bangun datar melaui permainan.
2.1.1.1 Siswa
mampu menujukkan sikap cermat dan teliti dalam mengerjakan tugas.
3.8.1.1
Siswa mampu menyebutkan berbagai
macam bangun datar yang ada di
lingkungan
sekitar melalui sebuah permainan dengan tepat.
3.8.1.2 Siswa
mampu mengidentifikasi luas suatu area melalui permainan dengan benar.
4.5.1.1 Siswa mampu membentuk berbagai bangun datar
menggunakan papan berpaku melalui permainan dengan benar.
4.5.2.1 Siswa mampu menggambar bangun datar pada
lembar kerja siswa dengan benar setelah melakukan permainan.
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Bahasa Indonesia :
Menyusun huruf menjadi kata.
2.
Matematika : Mengenal
bentuk dan konsep luas bangun datar.
E.
Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan
a.
Pendekatan saintifik
b.
Tematik integeratif
2.
Metode : Ekperimental
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media dan alat
a.
Buku siswa
b.
Panduan permainan
c.
Lembar kerja siswa
2.
Alat
a.
Karet gelang
b.
Dadu
c.
Papan berpaku
3.
Sumber Pembelajaran
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Tema
III:Lingkungan
Bersih, Sehat, dan
Asri, Subtema III: Lingkungan Sekolahku. Buku
Tematik Terpadu Kurikulum
2013 Buku Guru SD / MI Kelas I. Jakarta:
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Hal 72-75.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Tema
III:Lingkungan
Bersih, Sehat,dan Asri,
Subtema III: Lingkungan Sekolahku. Buku
Tematik Terpadu
Kurikulum 2013 Buku Siswa SD / MI Kelas I.
Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal 77-82.
G. Langkah Pembelajaran
Tahap
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Membuka pembelajaran
dengan salam.
2.
Mengajak siswa berdoa
menurut agama dan kepercayaan masing-masing (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran).
3.
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa.
4.
Menginformasikan
materi yang akan dipelajari hari ini.
|
5
menit
|
Inti
|
1.
Guru membagi siswa
dalam kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 5 siswa.
2.
Guru menyediakan
kartu huruf a sampai z
3.
Guru menyebutkan huruf yang akan disusun menjadi kata. Siswa memilih
huruf yang ditentukan oleh guru (misalnya e, m, p, a, n, y, dan u).
4.
Masingmasing
kelompok diberi waktu paling lama 2 menit untuk menyusun kartu huruf tersebut
menjadi kosakata yang bermakna.
5.
Kelompok yang sudah selesai menyusun huruf lalu
mengucapkan “Binggo” bersamasama. Guru
meminta kelompok tersebut mengucapkan bersamasama kata yang sudah mereka bentuk.
6.
Kelompok yang menang adalah yang paling sering menyelesaikan tugas menyusun
huruf menjadi kata lebih dulu dari
kelompok lain.
7.
Setelah bermain dalam
kelompok guru bertanya tentang makna kata yang mereka bentuk.
8.
Siswa mengerjakan
soal yang ada di buku siswa secara individu.
|
80
menit
|
Penutup
|
1.
Bersama-sama siswa
membuat kesimpulan hasil belajar dari materi yang sudah dipelajari.
2.
Siswa beristirahat
|
5
menit
|
|
||
Pendahuluan
|
1.
Mengkondisikan siswa
dengan bernyanyi “macam bangun datar”.
2.
Menginformasikan
materi selanjutnya yang akan dipelajari.
|
5
menit
|
Inti
|
1.
Guru bertanya pada
siswa tentang bangun datar dan konsep luasnya.
-
Apa sajakah bangun
datar itu?
-
Apa yang kalian tahu
tentang luas permukaan?
2.
Guru memberikan
materi tentang pengertian dan konsep luas.
3.
Siswa membentuk
kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 orang.
4.
Setiap kelompok
mendapatkan papan berpaku dan dadu serta karet yang sudah disiapkan guru.
5.
Guru memberikan
contoh cara bermain bersama dengan salah satu siswa.
-
Pertama melempar
dadu.
-
Kemudian melihat nama
bangun datar yang ada pada mata dadunya.
-
Setelah itu guru
membentuk bangun datar yang ada di mata dadu tersebut dengan cara mengkaitkan
karet gelang pada papan berpaku.
-
Guru memberikan
contoh menghitung kotak dalam papan berpaku sebagai satuan luas dari bangun
yang terbentuk. 1 kotak utuh dihitung satu satuan luas. Kotak yang setengah
atau lebih dari setengah dihitung sama dengan 1 kotak. Sedangkan kotak yang
kurang dari setengah bagian, tidak dihitung.
6.
Siswa mempraktikkan
cara membentuk bangun datar dengan
-
melempar dadu
terlebih dahulu dan melihat mata dadu yang terlihat. Misalnya siswa mendapat
nama bangun datar persegi.
-
kemudian siswa
membentuk bangun tersebut pada papan berpaku dengan mengkaitkan karet gelang
pada paku-pakunya.
-
Kemudian siswa
menggambarkan bangun yang telah dibentuk dalam lembar kerja siswa.
|
75
menit
|
Penutupan
|
1.
Bersama-sama siswa
membuat kesimpulan hasil belajar dari materi yang sudah dipelajari.
2.
Mengajak siswa
bernyanyi ‘Tebak Bangunku’ untuk mengingat kembali materi yang telah
disampaikan.
3.
Siswa melakukan
refleksi
a.
Apa yang kamu
pelajari hari ini?
b.
Bagaimana perasaanmu
belajar hari ini?
c.
Apakah ada kesulitan
yang kamu rasakan?
4.
Guru memberikan
pekerjaan rumah tentang materi yang telah dipelajari.
5.
Siswa menghakhiri
kegiatan belajar dengan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
6.
Siswa menjawab salam
dari guru.
|
10
menit
|
H. Penilaian
1.
Jenis/teknik penilaian
a.
Penilaian sikap : Santun,
cermat, dan teliti.
b.
Penilaian Pengetahuan :
Mengerjakan soal pada buku guru dan lembar kerja siswa.
c.
Penilaian Keterampilan
: Berbicara dan menulis.
2.
Bentuk Instrumen
Penilaian (Terlampir).
Yogyakarta, November 2014
Dosen Pengampu Mengetahui,
Tim
Simulasi
1.
Adelia Surya Putri
Andri
Anugrahana, S.Pd.,M.Pd. 2.
Anggraini Eka Puji Astuti
RUBRIK PENILAIAN
A. Rubrik Bahasa Indonesia
Aspek
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Spiritual
|
Siswa menyadari dan
mensyukuri anugerah Tuhan dengan berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar.
|
Siswa menyadari anugerah Tuhan dengan
berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
Siswa menyadari anugerah Tuhan dengan
berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
Siswa tidak menyadari dan tidak bersyukur akan
anugerah Tuhan dan tidak menggunakan bahasa Indonesia.
|
Sikap
|
Siswa menunjukkan sikap santun dalam berkomunikasi
dengan guru maupun dengan siswa lain.
|
Siswa menunjukkan sikap santun dalam berkomunikasi
dengan guru saja.
|
Siswa menunjukkan sikap santun dalam berkomunikasi
dengan teman saja.
|
Siswa tidak
menunjukkan sikap santun dalam berkomunikasi dengan guru maupun dengan siswa
lain.
|
Isi dan pengetahuan
|
Siswa mampu mengelompokkan huruf menjadi kata dan
mampu mengerjakan soal latihan pada lembar kerja siswa dengan benar.
|
Siswa mampu mengelompokkan huruf menjadi kata dan
mampu mengerjakan soal latihan pada lembar kerja siswa dengan kurang tepat.
|
Siswa mampu mengelompokkan huruf menjadi kata
namun tidak mampu mengerjakan soal latihan pada lembar kerja siswa.
|
Siswa tidak mampu mengelompokkan huruf menjadi
kata,maupun mengerjakan soal latihan pada lembar kerja siswa.
|
Keterampilan
berbicara
|
Siswa mampu menyusun huruf menjadi kata yang
bermakna dengan tepat dan mampu mengucapkan kata yang dibentuk dengan
intonasi yang jelas.
|
Siswa mampu menyusun huruf menjadi kata yang
bermakna dengan tepat namun mengucapkan kata yang dibentuk dengan intonasi
yang kurang jelas.
|
Siswa mampu menyusun huruf menjadi kata yang
bermakna dengan tepat namun tidak mampu mengucapkan kata yang dibentuk.
|
Siswa tidak mampu menyusun huruf menjadi kata yang
bermakna dengan tepat maupun mengucapkan kata yang dibentuk dengan intonasi
yang jelas.
|
B. Rubrik Matematika
Aspek
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Spiritual
|
Siswa mampu menyadari
dan bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Tuhan YME berupa berbagai
macam bentuk bangun datar.
|
Siswa mampu bersyukur atas nikmat yang telah
diberikan Tuhan YME berupa berbagai macam bentuk bangun datar.
|
Siswa hanya menyadari akan nikmat yang telah
diberikan Tuhan YME tanpa mengetahui dan memahami akan berbagai macam bentuk
bangun datar.
|
Siswa tidak bersyukur dan menyadari akan nikmat
yang telah diberikan Tuhan YME berupa berbagai macam bentuk bangun datar.
|
Sikap
|
Siswa mampu menunjukkan sikap cermat dan teliti
dalam membentuk bangun datar menggunakan papan berpaku dan dalam mengerjakan
tugas pada LKS.
|
Siswa mampu menunjukkan sikap cermat dan teliti
dalam membentuk bangun datar menggunakan papan berpaku.
|
Siswa mampu menunjukkan sikap cermat dalam
mengerjakan tugas pada LKS.
|
Siswa tidak
menunjukkan sikap cermat mapun teliti dalam membentuk bangun datar
menggunakan papan berpaku dan dalam mengerjakan tugas pada LKS.
|
Isi dan pengetahuan
|
Siswa mampu menyebutkan nama bangun beserta konsep
luasnya dengan benar.
|
Siswa mampu menyebutkan nama bangun beserta
konsepnya dengan kurang benar.
|
Siswa mampu menyebutkan nama bangun namun konsep
luasnya kurang benar.
|
Siswa tidak mampu menyebutkan nama bangun maupun
konsep luasnya dengan benar.
|
Keterampilan
|
Siswa mampu membentuk bangun datar pada papan
berpaku dan menggambar bangun datar pada lembar kerja siswa dengan tepat.
|
Siswa mampu membentuk bangun datar pada papan
berpaku dan mampu menggambar bangun datar pada lembar kerja siswa dengan
kurang tepat.
|
Siswa mampu membentuk bangun datar pada papan
berpaku namun tidak mampu menggambar bangun datar pada lembar kerja siswa.
|
Siswa tidak mampu membentuk bangun datar pada
papan berpaku maupun menggambar bangun datar pada lembar kerja siswa.
|
INSTRUMEN PENILAIAN
1. Penilaian Bahasa
Indonesia
a.
Penilaian
Spiritual
No
|
Nama siswa
|
Penilaian
Spiritual
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Penilaian
Sikap
No
|
Nama siswa
|
Penilaian
Sikap
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Penilaian
Pengetahuan
No
|
Nama siswa
|
Penilaian
Pengetahuan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d.
Penilaian
Keterampilan
No
|
Nama siswa
|
Penilaian
Spiritual
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian Matematika
a.
Penilaian
Spiritual
No
|
Nama siswa
|
Penilaian
Spiritual
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Penilaian
Sikap
No
|
Nama siswa
|
Penilaian
Sikap
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Penilaian
Pengetahuan
No
|
Nama siswa
|
Penilaian
Pengetahuan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d.
Penilaian
Keterampilan
No
|
Nama siswa
|
Penilaian
Spiritual
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR KERJA SISWA
Hari,Tanggal : Kamis, 13 November 2014
Kelas/Semester : I/2
I.
Indikator
Hasil Belajar
1.
Dengan sebuah
permainan, siswa mampu membentuk berbagai bangun datar dengan papan berpaku.
2.
Setelah siswa membentuk
bangun datar, siswa mampu mengidentifikasi dan menggambar bangun datar yang
telah terbentuk di papan berpaku pada lembar kerja dengan benar.
3.
Setelah siswa membentuk
bangun datar, siswa mampu mengenal konsep luas bangun datar melalui petakan
yang ada pada papan berpaku.
II.
Petunjuk
1.
Bentuklah kelompok
masing-masing 5 orang.
2.
Memastikan papan bepaku
telah kosong.
3.
Lemparlah dadu, lalu
lihat nama bangun apa yang keluar.
4.
Buatlah bangun datar
tersebut pada papan paku dengan meregangkan dan mengaitkan karet yang tersedia
pada paku-paku di atas papan tersebut.
5.
Gambarlah dalam tabel
hasil pengamatan bangun datar yang terbentuk.
6.
Untuk menghitung luas,
gunakan acuan berikut:
-
1 petak mewakili 1
satuan luas
-
½ atau lebih dari ½
petak dihitung 1 satuan luas
-
Kurang dari ½ petakan
tidak dihitung
III.
Tabel
Hasil Kegiatan 1
No.
|
Nama
Siswa
|
Nama
Bangun
|
Gambar
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
IV.
Tabel
Hasil Kegiatan II
No
|
Bentuk
Bangun
|
Nama
Bangun
|
Luas
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
LAMPIRAN LAGU
1.
Macam
Bangun Datar
(Nada Potong Bebek
Angsa)
Banyak
bangun datar
Bangun
datar banyak
Ada
persegi, belah ketupat
Persegi
panjang, terapesium
Jajargenjang,
segitiga, layang-layang
2.
Tebak
Bangunku
(Nada Lihat Kebunku)
Lihat
kedepan ada bangun datar
Ada
persegi dan persegi panjang
Ayo
sebutkan bangun yang lainnya
Kalau
berhasil, semuanya pintar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar