Kamis, 28 Mei 2015

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN FISIK ANAK



MAKALAH
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN FISIK ANAK
https://www.usd.ac.id/fakultas/pascasarjana/s2inggris/f1l3/Logo%20USD.png
Disusun oleh :
1.      Daniel Dicky                              131134050
2.      Sirilus Prasetya N                       131134052
3.      Agnes Rahmawati                      131134062
4.      Yohana Danis                            131134065
5.      Tri Nur Khasanah                       131134076
6.      Adelia Surya Putri                     131134084
7.      Eka Novi Kristanti                     131134086
8.      Witanti Wiyantari                      131134089
9.      Catharina Kristi                          131134090
10.  Riska Prasetya                            131134093
11.  Fransiscus Carracioli J                1311340

UNIVERSITAS SANATA DHARMA
YOGYAKARTA


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latarbelakang
Setiap individu dilahirkan di dunia dengan membawa hereditas tertentu yang diperoleh melalui warisan dari pihak orang tuanyanya yang menyangkut karakteristik fisik dan psikis atau sifat-sifat mental. Lingkungan (environment) merupakan faktor penting di samping hereditas yang menentukan perkembangan individu yang meliputi fisik, psikis, sosial dan relegius. Dalam makalah ini akan membahas mengenai perkembangan fisik pada anak.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah pengertian pertumbuhan dan perkembangan?
2.      Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan fisik anak?
C.    Tujuan dan Manfaat
1.      Mempelajari pertumbuhan dan perkembangan pada anak terutama pertumbuhan dan perkembangan fisik anak.
2.      Mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan fisik pada anak.












BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan
Pertumbuhan adalah bertambahnya jumlah dan besarnya sel di seluruh bagian tubuh yang secara kuantitatif dapat diukur. Sedangkan perkembangan adalah bertambah sempurnanya fungsi alat tubuh yang dapat dicapai melalui tumbuh, kematangan dan belajar. Pertumbuhan dan perkembangan berjalan menurut norma-norma tertentu. Walaupun demikian seorang anak dalam banyak hal tergantung kepada orang dewasa, misalnya mengkunsumsi makanan, perawatan, bimbingan, perasaana aman, pencegahan penyakit dan sebaginya.
B.     Daur Pertumbuhan Fisik
Studi tentang pertumbuhan fisik telah menunjukkan bahwa pertumbuhan anak dapat dibagi menjadi 4 periode utama. Dua periode ditandai dngan pertumbuhan cepat yaitu ketika anak berusia 6 bulan setelah lahir dan ketika anak berusia 15 atau 16 tahun. Dua periode lain ditandai dengan pertumbuhan yang lambat yaitu ketika anak memasuki akhir tahun pertama kelahirannya dan ketika anak menuju tingakat kedewasaannya.
C.    Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Fisik Anak
Menurut para ahli, pertumbuhan dan perkembangan anak dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu :
1.      Faktor Internal
Yaitu, segala sesuatu yang ada dalam diri individu yang keberadaannya mempengaruhi dinamika perkembangan. Yang termasuk faktor internal antara lain:
a.       Kondisi individu
Individu berkembang sangat dipengaruhi kondisi kesehatan fisik dan psikisnya. Kondisi fisik yang kurang baik akan mempengaruhi tempo perkembangannya. Begitu juga jika anak mengalami kondisi psikis. Termasuk juga dalam faktor ini faktor herediter, yaitu faktor keturunan dari mana individu itu berasal sangat menentukan perkembanganya
b.      Kemampuan penyesuaian pribadi dan sosial individu.
Kemampuan penyesuaian diri berkaitan dengan bagaimana individu itu menempatkan diri dalam lingkungannya.
c.       Genetik
Pengaruh genetik bersifat heredo-konstitusional yang artinya bahwa bentuk untuk konstitusi seseorang ditentukan oleh faktor keturunan. Termasuk berbagai faktor bawaan, jenis kelamin, ras atau suku bangsa. Faktor genetik akan berpengaruh pada kecepatan pertumbuhan, kematangan tulang, gizi, alat seksual, dan saraf.
d.      Pengaruh hormon
Pengaruh hormon sudah terjadi sejak masa pranatal yaitu saat janin berumur 4 bulan. Hormon yang berpengaruh terutama adalah hormon pertumbuhan somatotropin yang dikeluarkan oleh kelenjar pituitary.
2.      Faktor Eksternal
Yaitu, segala sesuatu yang berada di luar diri individu yang keberdaannya mempengaruhi terhadap dinamika perkembangan. Yang termasuk faktor eksternal antara lain:
1.      Faktor teman sebaya
Makin bertambah umur anak makin memperoleh kesempatan lebih luas untuk mengadakan hubungan-hubungan dengan teman-teman sebayanya.
2.      Budaya
Bagi perkembangan anak didik keragaman budaya sangat besar pengaruhnya bagi mental dan moral mereka. Ini terbukti dengan sikap dan perilaku anak didik selalu dipengaruhi oleh budaya yang ada di lingkungan tempat tinggal mereka.
3.      Media masa
Media masa juga sangat besar pengaruhnya bagi perkembangan seseorang. Dengan adanya media masa seorang anak dapat mengalami masa partumbuhan dan perkembangan  dengan pesat.
4.      Pendidikan
Baik pendidikan keluarga, pendidikan formal di sekolah maupun pendidikan di masyarakat.
5.      Status sosial ekonomi keluarga
Keadaan sosial ekonomi keluarga dapat mempengaruhi pola asuhan terhadap anak. Misalnya orang tua yang mempunyai pendidikan cukup mudah menerima dan menerapkan ide-ide utuk pemberian asuhan terhadap anak
6.      Nutrisi
Nutrisi sangat berpengaruh terhadapa tumbuh kembang anak.










BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Pertumbuhan adalah bertambahnya jumlah dan besarnya sel di seluruh bagian tubuh yang secara kuantitatif dapat diukur. Sedangkan perkembangan adalah bertambah sempurnanya fungsi alat tubuh yang dapat dicapai melalui tumbuh, kematangan dan belajar.
Secara umum perkembangan anak selama masa perkembangannya akan dipengaruhi oleh beberapa faktor yang terangkum dalam dua faktor yakni:
1.      Faktor internal adalah segala sesuatu yang ada dalam diri individu yang keberadaannya mempengaruhi dinamika perkembangan. Termasuk ke dalam faktor-faktor internal tersebut adalah faktor jasmaniah dan rohaniah, penyesuaian diri, genetik dan hormon dan faktor kematangan fisik dan psikis.
2.      Faktor eksternal adalah segala sesuatu yang berada di luar diri individu yang keberdaannya mempengaruhi terhadap dinamika perkembangan. Yang termasuk faktor eksternal antara lain faktor sosial, faktor budaya, faktor lingkungan fisik(keluarga, sekolah dan masyarakat), nutrisi dan media masa.
B.     Saran
Perkembangan anak masih sangat dipengaruhi oleh lingkungan keluarga. Sebagai orang tua harus mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anaknya terutama pada usia ini karena pertumbuhan anak-anak sangat pesat yang harus diimbangi dengan pemberian nutrisi dan gizi yang seimbang.

DAFTAR PUSTAKA
Yusuf, Syamsu. 2010. Psikologi Perkembangan Anak. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Hurlock, Elizabet.B, 1978. Perkembangan Anak. Jakarta:Erlangga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar