Kamis, 28 Mei 2015

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika



TUGAS KELOMPOK
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pendidikan Matematika
Dosen Pengampu: Andri Anugrahana, S.Pd.,M.Pd.


https://www.usd.ac.id/fakultas/pascasarjana/s2inggris/f1l3/Logo%20USD.png


Disusun oleh:
1.      Adelia Surya Putri                  131134084
2.      Anggraini Eka Puji Astuti       131134198

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SANATA DHARMA
YOGYAKARTA
2014






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kelas                                 :  1
Semester                            :  II   (Dua)
Tema / Topik                     :  Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri/Lingkungan Bersih dan Sehat
Minggu ke                         :  3
Alokasi Waktu                  :  1 Hari

A.   Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelasdan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator
No
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan YME berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa perantara dan sarana belajar di tengah keragaman bahasa daerah.
1.1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan  berbahasa Indonesia yang baik dan benar.


2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
2.5.1 Menunjukkan perilaku santun dalam berkomunikasi di lingkungan rumah maupun sekolah.


3.1   Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan batuan guru atau teman dalam bahasa lisan dan tulis  yang  dapat diisi  dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1 Mengidentifikasi huruf-huruf penyusun kata.
3.1.2 Menjelaskan arti kata yang telah dipelajari.


4.1   Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis  yang  dapat diisi  kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1       Menyusun huruf menjadi kata yang bermakna.
4.1.2       Mengucapkan kata yang telah dibentuk.
2.
Matematika
1.1       Menerima   dan    menja­ lankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1 Bersyukur dan menyadari akan nikmat yang telah diberikan Tuhan YME berupa berbagai macam bentuk bangun datar.


2.1       Menunjukkan sikap cermat dan teliti,  tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.1.1 Menujukkan sikap cermat dan teliti dalam mengerjakan tugas.


3.8   Mengenal panjang, luas,  waktu, dan suhu.
3.8.1 Menyebutkan berbagai macam bangun datar yang ada di lingkungan sekitar.
3.8.2 Mengidentifikasi luas suatu area.


4.5   Membentuk berbagai bangun datar dengan menggunakan papan berpaku atau media lainnya.
4.5.1 Membentuk berbagai bangun datar dengan menggunakan papan berpaku
4.5.2 Menggambar bangun datar pada lembar kerja siswa.


C.   Tujuan Pembelajaran:
1.      Bahasa Indonesia
1.1.1.1            Siswa mampu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan berbahasa Indonesia yang baik dan benar.
2.5.1.1      Siswa mampu menunjukkan perilaku santun dalam berkomunikasi di lingkungan rumah maupun sekolah.
3.1.1.1            Siswa mampu mengidentifikasi huruf-huruf penyusun kata melalui sebuah permainan dengan tepat.
3.1.1.2            Siswa mampu menjelaskan arti kata yang telah dibentuk melalui sebuah permainan dengan tepat dan benar.
4.1.1.1            Siswa mampu menyusun huruf menjadi kata yang bermakna melalui sebuah permainan dengan benar
4.1.2.1            Siswa mampu mengucapkan kata yang telah dibentuk melalui permainan dengan benar dan jelas.

2.      Matematika
1.1.1.1            Siswa mampu bersyukur dan menyadari akan nikmat yang telah diberikan Tuhan YME berupa berbagai macam bentuk bangun datar melaui permainan.
2.1.1.1      Siswa mampu menujukkan sikap cermat dan teliti dalam mengerjakan tugas.
3.8.1.1      Siswa mampu menyebutkan berbagai macam bangun datar yang ada di
lingkungan sekitar melalui sebuah permainan dengan tepat.
3.8.1.2      Siswa mampu mengidentifikasi luas suatu area melalui permainan dengan benar.
4.5.1.1      Siswa mampu membentuk berbagai bangun datar menggunakan papan berpaku melalui permainan dengan benar.
4.5.2.1      Siswa mampu menggambar bangun datar pada lembar kerja siswa dengan benar setelah melakukan permainan.

D.   Materi Pembelajaran
1.      Bahasa Indonesia : Menyusun huruf menjadi kata.
2.      Matematika : Mengenal bentuk dan konsep luas bangun datar.

E.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan
a.       Pendekatan saintifik
b.      Tematik integeratif
2.      Metode : Ekperimental

F.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media dan alat
a.       Buku siswa
b.      Panduan permainan
c.       Lembar kerja siswa
2.      Alat
a.       Karet gelang
b.      Dadu
c.       Papan berpaku
3.      Sumber Pembelajaran
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Tema III:Lingkungan
Bersih, Sehat, dan Asri, Subtema III: Lingkungan Sekolahku. Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru SD / MI Kelas I. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal 72-75.


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Tema III:Lingkungan
Bersih, Sehat,dan Asri, Subtema III: Lingkungan Sekolahku. Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD / MI Kelas I.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal 77-82.

G.  Langkah Pembelajaran
Tahap
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.      Membuka pembelajaran dengan salam.
2.      Mengajak siswa berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran).
3.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
4.      Menginformasikan materi yang akan dipelajari hari ini.
5 menit
Inti
1.      Guru membagi siswa dalam kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 5 siswa.
2.      Guru menyediakan kartu huruf a sampai z
3.      Guru  menyebutkan huruf yang  akan disusun menjadi kata. Siswa memilih huruf yang  ditentukan oleh  guru (misalnya e, m, p, a, n, y, dan u).
4.      Masing­masing kelompok diberi waktu paling lama 2 menit untuk menyusun kartu huruf tersebut menjadi kosakata yang  bermakna.
5.      Kelompok yang  sudah selesai menyusun huruf lalu mengucapkan “Binggo” bersama­sama. Guru  meminta kelompok tersebut mengucapkan bersama­sama kata yang  sudah mereka bentuk.
6.      Kelompok yang  menang adalah yang  paling sering menyelesaikan tugas menyusun huruf menjadi kata lebih  dulu  dari  kelompok lain.
7.      Setelah bermain dalam kelompok guru bertanya tentang makna kata yang mereka bentuk.
8.      Siswa mengerjakan soal yang ada di buku siswa secara individu.
80 menit
Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan hasil belajar dari materi yang sudah dipelajari.
2.      Siswa beristirahat
5 menit

Pendahuluan
1.      Mengkondisikan siswa dengan bernyanyi “macam bangun datar”.
2.      Menginformasikan materi selanjutnya yang akan dipelajari.
5 menit
Inti
1.      Guru bertanya pada siswa tentang bangun datar dan konsep luasnya.
-          Apa sajakah bangun datar itu?
-          Apa yang kalian tahu tentang luas permukaan?
2.      Guru memberikan materi tentang pengertian dan konsep luas.
3.      Siswa membentuk kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 orang.
4.      Setiap kelompok mendapatkan papan berpaku dan dadu serta karet yang  sudah disiapkan guru.
5.      Guru memberikan contoh cara bermain bersama dengan salah satu siswa.
-          Pertama melempar dadu.
-          Kemudian melihat nama bangun datar yang ada pada mata dadunya.
-          Setelah itu guru membentuk bangun datar yang ada di mata dadu tersebut dengan cara mengkaitkan karet gelang pada papan berpaku.
-          Guru memberikan contoh menghitung kotak dalam papan berpaku sebagai satuan luas dari bangun yang terbentuk. 1 kotak utuh dihitung satu satuan luas. Kotak yang setengah atau lebih dari setengah dihitung sama dengan 1 kotak. Sedangkan kotak yang kurang dari setengah bagian, tidak dihitung.
6.      Siswa mempraktikkan cara membentuk bangun datar dengan
-          melempar dadu terlebih dahulu dan melihat mata dadu yang terlihat. Misalnya siswa mendapat nama bangun datar persegi.
-          kemudian siswa membentuk bangun tersebut pada papan berpaku dengan mengkaitkan karet gelang pada paku-pakunya.
-          Kemudian siswa menggambarkan bangun yang telah dibentuk dalam lembar kerja siswa.
75 menit
Penutupan
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan hasil belajar dari materi yang sudah dipelajari.
2.      Mengajak siswa bernyanyi ‘Tebak Bangunku’ untuk mengingat kembali materi yang telah disampaikan.
3.      Siswa melakukan refleksi
a.       Apa yang kamu pelajari hari ini?
b.      Bagaimana perasaanmu belajar hari ini?
c.       Apakah ada kesulitan yang kamu rasakan?
4.      Guru memberikan pekerjaan rumah tentang materi yang telah dipelajari.
5.      Siswa menghakhiri kegiatan belajar dengan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
6.      Siswa menjawab salam dari guru.
10    menit

H.  Penilaian
1.      Jenis/teknik penilaian
a.       Penilaian sikap : Santun, cermat, dan teliti.
b.      Penilaian Pengetahuan : Mengerjakan soal pada buku guru dan lembar kerja siswa.
c.       Penilaian Keterampilan : Berbicara dan menulis.
2.      Bentuk Instrumen Penilaian (Terlampir).


Yogyakarta,  November 2014
Dosen Pengampu                                                                    Mengetahui,
Tim Simulasi
1.      Adelia Surya Putri
Andri Anugrahana, S.Pd.,M.Pd.                                2. Anggraini Eka Puji Astuti














RUBRIK PENILAIAN
A.    Rubrik Bahasa Indonesia
Aspek
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Spiritual
Siswa menyadari dan mensyukuri anugerah Tuhan dengan berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Siswa menyadari anugerah Tuhan dengan berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Siswa menyadari anugerah Tuhan dengan berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Siswa tidak menyadari dan tidak bersyukur akan anugerah Tuhan dan tidak menggunakan bahasa Indonesia.
Sikap
Siswa menunjukkan sikap santun dalam berkomunikasi dengan guru maupun dengan siswa lain.
Siswa menunjukkan sikap santun dalam berkomunikasi dengan guru saja.
Siswa menunjukkan sikap santun dalam berkomunikasi dengan teman saja.
 Siswa tidak menunjukkan sikap santun dalam berkomunikasi dengan guru maupun dengan siswa lain.
Isi dan pengetahuan
Siswa mampu mengelompokkan huruf menjadi kata dan mampu mengerjakan soal latihan pada lembar kerja siswa dengan benar.
Siswa mampu mengelompokkan huruf menjadi kata dan mampu mengerjakan soal latihan pada lembar kerja siswa dengan kurang tepat.
Siswa mampu mengelompokkan huruf menjadi kata namun tidak mampu mengerjakan soal latihan pada lembar kerja siswa.
Siswa tidak mampu mengelompokkan huruf menjadi kata,maupun mengerjakan soal latihan pada lembar kerja siswa.
Keterampilan berbicara
Siswa mampu menyusun huruf menjadi kata yang bermakna dengan tepat dan mampu mengucapkan kata yang dibentuk dengan intonasi yang jelas.
Siswa mampu menyusun huruf menjadi kata yang bermakna dengan tepat namun mengucapkan kata yang dibentuk dengan intonasi yang kurang jelas.
Siswa mampu menyusun huruf menjadi kata yang bermakna dengan tepat namun tidak mampu mengucapkan kata yang dibentuk.
Siswa tidak mampu menyusun huruf menjadi kata yang bermakna dengan tepat maupun mengucapkan kata yang dibentuk dengan intonasi yang jelas.



B.     Rubrik Matematika
Aspek
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Spiritual
Siswa mampu menyadari dan bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Tuhan YME berupa berbagai macam bentuk bangun datar.
Siswa mampu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Tuhan YME berupa berbagai macam bentuk bangun datar.

Siswa hanya menyadari akan nikmat yang telah diberikan Tuhan YME tanpa mengetahui dan memahami akan berbagai macam bentuk bangun datar.

Siswa tidak bersyukur dan menyadari akan nikmat yang telah diberikan Tuhan YME berupa berbagai macam bentuk bangun datar.

Sikap
Siswa mampu menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam membentuk bangun datar menggunakan papan berpaku dan dalam mengerjakan tugas pada LKS.
Siswa mampu menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam membentuk bangun datar menggunakan papan berpaku.
Siswa mampu menunjukkan sikap cermat dalam mengerjakan tugas pada LKS.
 Siswa tidak menunjukkan sikap cermat mapun teliti dalam membentuk bangun datar menggunakan papan berpaku dan dalam mengerjakan tugas pada LKS.
Isi dan pengetahuan
Siswa mampu menyebutkan nama bangun beserta konsep luasnya dengan benar.
Siswa mampu menyebutkan nama bangun beserta konsepnya dengan kurang benar.
Siswa mampu menyebutkan nama bangun namun konsep luasnya kurang benar.
Siswa tidak mampu menyebutkan nama bangun maupun konsep luasnya dengan benar.
Keterampilan
Siswa mampu membentuk bangun datar pada papan berpaku dan menggambar bangun datar pada lembar kerja siswa dengan tepat.
Siswa mampu membentuk bangun datar pada papan berpaku dan mampu menggambar bangun datar pada lembar kerja siswa dengan kurang tepat.
Siswa mampu membentuk bangun datar pada papan berpaku namun tidak mampu menggambar bangun datar pada lembar kerja siswa.
Siswa tidak mampu membentuk bangun datar pada papan berpaku maupun menggambar bangun datar pada lembar kerja siswa.






INSTRUMEN PENILAIAN
1.      Penilaian Bahasa Indonesia
a.      Penilaian Spiritual
No
Nama siswa
Penilaian Spiritual
1
2
3
4


















b.      Penilaian Sikap
No
Nama siswa
Penilaian Sikap
1
2
3
4



















c.       Penilaian Pengetahuan
No
Nama siswa
Penilaian Pengetahuan
1
2
3
4



















d.      Penilaian Keterampilan
No
Nama siswa
Penilaian Spiritual
1
2
3
4












2.      Penilaian Matematika
a.      Penilaian Spiritual
No
Nama siswa
Penilaian Spiritual
1
2
3
4


















b.      Penilaian Sikap
No
Nama siswa
Penilaian Sikap
1
2
3
4



















c.       Penilaian Pengetahuan
No
Nama siswa
Penilaian Pengetahuan
1
2
3
4



















d.      Penilaian Keterampilan
No
Nama siswa
Penilaian Spiritual
1
2
3
4


















LEMBAR KERJA SISWA
Hari,Tanggal               : Kamis, 13 November 2014
Kelas/Semester            : I/2

     I.            Indikator Hasil Belajar
1.      Dengan sebuah permainan, siswa mampu membentuk berbagai bangun datar dengan papan berpaku.
2.      Setelah siswa membentuk bangun datar, siswa mampu mengidentifikasi dan menggambar bangun datar yang telah terbentuk di papan berpaku pada lembar kerja dengan benar.
3.      Setelah siswa membentuk bangun datar, siswa mampu mengenal konsep luas bangun datar melalui petakan yang ada pada papan berpaku.

  II.            Petunjuk
1.      Bentuklah kelompok masing-masing 5 orang.
2.      Memastikan papan bepaku telah kosong.
3.      Lemparlah dadu, lalu lihat nama bangun apa yang keluar.
4.      Buatlah bangun datar tersebut pada papan paku dengan meregangkan dan mengaitkan karet yang tersedia pada paku-paku di atas papan tersebut.
5.      Gambarlah dalam tabel hasil pengamatan bangun datar yang terbentuk.
6.      Untuk menghitung luas, gunakan acuan berikut:
-          1 petak mewakili 1 satuan luas
-          ½ atau lebih dari ½ petak dihitung 1 satuan luas
-          Kurang dari ½ petakan tidak dihitung



III.            Tabel Hasil Kegiatan 1
No.
Nama Siswa
Nama Bangun
Gambar
1.



2.



3.



4.



5.











IV.            Tabel Hasil Kegiatan II
No
Bentuk Bangun
Nama Bangun
Luas
1.



2.



3.



4.



5.











LAMPIRAN LAGU
1.      Macam Bangun Datar
(Nada Potong Bebek Angsa)
Banyak bangun datar
Bangun datar banyak
Ada persegi, belah ketupat
Persegi panjang, terapesium
Jajargenjang, segitiga, layang-layang

2.      Tebak Bangunku
(Nada Lihat Kebunku)
Lihat kedepan ada bangun datar
Ada persegi dan persegi panjang
Ayo sebutkan bangun yang lainnya
Kalau berhasil, semuanya pintar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar